Kesuksesan Event Unik Spectrum Car Free Day (CFD) Dago Bandung

Bandung – Suasana pagi yang cerah di area Car Free Day (CFD) Dago Bandung, tepatnya di jalan Ir H Djuanda, Minggu (25/11/2012), tampak warna-warni dengan aktivitas mural painting. Warga yang datang turut terlibat membuat mural sepanjang 150 meter di lokasi tersebut.

Even kreatif ini digagas produsen cat, Spectrum Paint, kerja bareng dengan sejumlah komunitas di Bandung. Salah satunya menggandeng Perkumpulan Seniman Urang Bandung (Preman Urban).

“Ini merupakan live mural painting terpanjang pertama di kawasan CFD Dago. Total panjangnya seratus limapuluh meter yang dibuat menggunakan enampuluh papan mural. Cat Spectrum yang disiapkan sekitar tigapuluh kaleng beragam warna. Isi satu kaleng itu beratnya lima kilogram ,” jelas Tim Promotion Spectrum, Dira Illanoor, kepada para wartawan yang hadir di lokasi acara tersebut.

Menurut Dira, melalui kegiatan ini pihaknya mengajak pengunjung CFD Dago turut berpartisipasi secara aktif membuat mural. Warga pun terlihat antusias menggoreskan cat berwarna meriah ke papan yang disiapkan panitia. Pantauan detikbandung, beragam usia mulai anak-anak hingga dewasa membalurkan kuas ke papan sambil menggambar beraneka bentuk.

“Sengaja kami melibatkan masyarakat untuk ikut membikin live mural painting ini. Sekaligus ingin memperkenalkan kalau cat Spectrum bisa dipakai pada papan,” ucap Dira.

Sebanyak 60 papan itu berjejer di pinggir jalan atau area CFD Dago. Papan mural terpasang mulai Cikapayang hingga depan SMAK Dago Bandung. Lebih lanjut Dira menuturkan, seluruh papan mural tersaji menjadi enam area yang temanya berbeda. Tema diangkat yakni more than just color, tinting tecnology, echo friendly, we love indonesia, batik, dan permainan tradisional.

“Mural karya Preman Urban akan dilelang on the spot kepada para pengunjung CFD Dago. Nanti uang hasil lelang sepenuhnya didistribusikan untuk membantu korban banjir di Soreang, Kabupaten Bandung,” ungkap Dira.


Di lokasi, seniman mural terlihat asik melukis sambil jongkok dan bersila beralas plastik bening. Begitupun para pengunjung CFD. Sentuhan gambar mural yang ditampilkan beragam, ada sosok wajah manusia, robot, ikan, pemandangan, dan coretan abstrak.


Kemeriahan makin terasa saat ratusan masyarakat umum berfoto ria mengabadikan momen pakai kamera telepon genggam dan digital dengan latar belakang mural. “Bagus acara seperti ini. Bukti juga kalau orang-orang Bandung itu kreatif,” ucap Nugraha (31), warga Coblong, yang menemani dua anaknya melukis mural.


Rangkaian even diramaikan juga penampilan unik grup musik Seratus Persen yang merupakan salah satu jebolan program televisi Indonesia Mencari Bakat. Selain itu di lokasi acara, ada talkshow interaktif soal ‘Interior Design & Trend Warna 2013’ dengan menampilkan pembicara dari komunitas Young Interior Designers Of Indonesia (YIDI).