Asteroid Bakal Hampiri Bumi Pada 15 Februari Ini

D0RGDE Asteroid near Earth. Image shot 08/2012. Exact date unknown.

WASHINGTON – Badan Antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA), menginformasikan bahwa pada 15 Februari, planet Bumi akan kedatangan tamu sebuah asteroid yang dikenal para ilmuwan sebagai 2012 DA14.

Seperti dilansir dari Softpedia, Senin (4/2/2013), asteroid yang memiliki ukuran sekira setengah ukuran lapangan sepak bola, membuat batu luar angkasa ini terlihat lebih besar dari jenisnya. Sejauh ini peneliti NASA memperkirakan asteroid DA14 akan terbang di atas planet Bumi dengan jarak hanya 17.200 mil (sekitar 27.680 kilometer) di atas permukaan Bumi.

Ilmuwan NASA mengakui bahwa perlintasan asteroid kali ini memang dapat dikualifikasikan sebagai pertemuan yang sangat dekat. Akan tetapi, mereka ingin meyakinkan masyarakat umum bahwa, menurut data yang dikumpulkan sehubungan dengan orbit batu ruang angkasa ini, cukup banyak pertanyaan mengenai tabrakan antara planet kita dan asteroid DA14 .

“Ini adalah rekor pendekatan terdekat dari sebuah asteriod,”ungkap Don Yeoman, ilmuwan yang bekerja dengan Program NASA Near Earth Program di JPL. Selain itu, Don Yeoman ingin menarik perhatian dengan fakta bahwa, asteroid seperti 2012 DA14 biasanya melewati planet Bumi tiap 40 tahun sekali bahkan lebih. Akan tetapi, kemungkinan asteroid menghantam Bumi hanya muncul sekali setiap 1200 tahun.

“Sejak survei rutin dimulai pada 1990-an, kami belum pernah melihat obyek sebesar lapangan sepak bola berada begitu dekat dengan Bumi,” tambahnya. Dengan demikian, peneliti menegaskan dengan jelas bahwa, 2012 DA14 tidak akan menabrak Bumi. Orbit asteroid milik DA14 dikenal cukup baik untuk menghindari tabrakan.

Sekedar catatan, asteroid 2012 DA14 memiliki ukuran lebar sekira 50 meter/164 kaki dan peneliti cukup yakin bahwa, DA14 ini tidak terdiri dari material es atau logam, seperti asteroid lainnya, melainkan dari batu.

(amr-okezone)